TPA Sarimukti Normal. TPA Darurat Cicabe Kembali Ditutup

Diterbitkan

Senin, 22 Mei 2023

Penulis

Rep No

|

Rep No

833 kali

Berita ini dilihat

1 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG - Seiring normalnya kembali operasional Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menutup TPA darurat Cicabe. 

"Cicabe tutup lagi. Karena penanganan di Sarimukti sudah normal lagi. Sudah bisa dilakukan 240-250 ritasi, artinya kondisi membaik," kata Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, di Balai Kota Bandung, Senin (22/5/2023).

Ema menyatakan, saat ini masih ada 9 tempat pembuangan sementara (TPS) yang masih kelebihan kapasitas. Sebelumnya, dari 135 TPS yang ada, sebanyak 55 TPS yang kebebihan kapasitas. 

"Alhamdulilah mendekati normal, Kota Bandung tidak dalam kondisi darurat sampah. Sekarang hanya 9 TPS yang overload," ucap Ema.

Meski demikian, menurut Ema, Pemkot Bandung terus berupaya mewujudkan Kawasan Bebas Sampah (KBS) dengan penanganan sampah dari rumah.  

"Kita terus membangun KBS, itu biasanya ada di RW. Kita ada 1.594 RW , sudah 150 RW area KBS. Banyak sekali untuk menjadi percontohan seperti RW 2 Cipamokolan, juga wilayah lainnya," tutur Ema. 

Oleh karenanya, Ema mengapresiasi sejumlah RW yang mampu berkolaborasi juga soliditas menangani sampah di wilayah masing-masing. 

"RW bersama pemerintah membangun Kota Bandung lebih baik," katanya. 

Editor: (prn)

Berita Terkait