BNNK Ciamis Gelar Rakor Intervensi Berbasis Masyarakat

Diterbitkan

Selasa, 24 Mei 2022

Penulis

admin

|

admin

504 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

Kab. Ciamis --- Dalam rangka memulai program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) Tahun 2021, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis gelar rapat koordinasi (Rakor) dengan Pemerintah Desa Kawalimukti di Kantor Desa Kawalimukti, Selasa (25/5/2021).

Alasan Desa Kawalimukti terpilih sebagai lokasi rakor karena Desa Kawalimukti telah menjadi desa bersinar sekaligus menjadi wilayah Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM).

Rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh tim rehabilitasi BNNK Ciamis ini dihadiri oleh Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desan (BPD), Bhabinkamtibmas, Babinsa, Puskesmas, PKK, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat serta karang taruna lingkup Desa Kawalimukti.

Menurut Subkoordinator Rehabilitasi BNNK Ciamis Rachman Haerudin  memaparkan dalam rakor tersebut, rehabilitasi merupakan serangkaian upaya pemulihan ketergantungan bagi pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika, yang mencakup rehabilitasi medis, rehabilitasi sosial dan layanan pascarehabilitasi yang dilakukan secara kontinu dalam satu kesatuan layanan yang terintegrasi.

“IBM adalah upaya intervensi berkelanjutan terhadap penyalahguna narkoba yang diselenggarakan oleh mayarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat”, jelas Rachman.

“Jadi IBM sendiri bisa dikatakan dirancang dari masyarakat untuk masyarakat berdasarkan kearifan lokal desa setempat”, tambahnya

Lebih jauh lagi, Rachman menjelaskan bahwa dalam pelaksanakan IBM hanya menangani risiko penggunaan narkoba ditingkat ringan atau yang membutuhkan layanan bina lanjut.Sedangkan untuk tingkat resiko sedang dan berat dapat dirujuk ke lembaga rehabilitasi atau fasilitas kesehatan. Dalam konteks ini, Rachman menyebutkan IBM merupakan penanganan terdepan dan terdekat yang berada ditengah masyarakat.

Diakhir acara, Rachman menyampaikan dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang diperingati setiap tanggal 26 Juni merupakan momentum pendorong semua lapisan masyarakat untuk memerangi narkoba dan menggelorakan semangat War On Drugs dan mewujudkan Desa Kawalimukti Bersih Narkoba menuju Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba).

Editor: admin

Berita Terkait