Pemdakab Purwakarta Lakukan Vaksinasi COVID-19 pada ODGJ

Diterbitkan

Selasa, 24 Mei 2022

Penulis

admin

|

admin

392 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

Kab. Purwakarta --- Menyusul masih tingginya kasus penularan virus corona. Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Purwakarta melakukan vaksinasi COVID-19 pada 35 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta Iyus Permana mengatakan, pelayanan kesehatan terhadap ODGJ ini terjalin atas kerjasama RS Jiwa Marzoeki Mahdi, Bogor. Adapun pelayanannya, meliputi pemeriksaan, pengobatan dan juga vaksinasi.

"Hari ini, ada 35 ODGJ yang sudah kita beri vaksinasi COVID-19," kata Iyus, di Gor Purnawarman, Selasa (22/6/2021).

Menurut Iyus, pemeriksaan kesehatan terhadap ODGJ ini sangatlah penting. ODGJ yang memiliki komorbid jika terpapar COVID-19 akan lebih berbahaya serta dapat menularkan kepada keluarga yang mengurusnya.

Dengan demikian, lanjut Iyus, ODGJ menjadi prioritas sasaran penerima program vaksinasi karena mereka rawan untuk tidak menerapkan protokol kesehatan. 

"Kami berharap, dengan vaksinasi terhadap ODGJ ini bisa meminimalisasi penularan COVID-19," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, ODGJ yang baru terdaftar mencapai 3.336 orang, sedangkan data lama ada 4.611 orang.

Adapun ODGJ yang dipasung, jumlahnya 13 orang. Pemdakab Purwakarta, akan mencari solusi bagi ODGJ yang dipasung agar dapat ditangani secara medis. 

(Editor: Fauziah)

Editor: admin

Berita Terkait