Ribuan Masyarakat Terima Manfaat Layanan Publik Hari Libur di Bogor Fest 2023

Diterbitkan

Selasa, 29 Agustus 2023

Penulis

Diskominfo Kabupaten Bogor

|

Diskominfo Kabupaten Bogor

501 kali

Berita ini dilihat

1 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. BOGOR - Antusias masyarakat mengunjungi acara Bogor Fest 2023 sejak hari pertama dibuka terus bertambah, jumlah pengunjung semakin terlihat membludak di hari libur, seperti hari Sabtu dan Minggu.

Selain mengunjungi stand pameran, mayoritas pengunjung juga ingin mendapatkan pelayanan publik yang tersedia di hari libur.

Diantaranya, layanan administrasi seperti pembuatan akte kelahiran, akte kematian, KTP/IKD (Informasi Kependudukan Digital), KIA (Kartu Identitas Anak), Kartu Keluarga, KITAS (optional) oleh Disdukcapil Kabupaten Bogor. Layanan pembuatan Kartu Pencari Kerja / AK1, rekomendasi pembuatan paspor untuk calon pekerja migran (TKI) oleh Disnaker Kabupaten Bogor. Layanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan dan seluruh RSUD Kabupaten Bogor.

Kemudian layanan perpanjangan SIM dan SKCK oleh Polres Bogor. Layanan hukum atau konsultasi masyarakat dalam berperkara, input data aplikasi (Klik OK> klinik layanan hukum online kejaksaan) dan Pelayanan pembayaran tilang lantas (lalu lintas) oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor.

Juga ada layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pengesahan STNK. Sosialisasi bebas bea balik nama dan diskon PKB oleh Samsat. Layanan tes emisi gratis oleh Dinas Perhubungan, layanan BPJS dan pelayanan publik lainnya.

Layanan publik pada hari libur yang tersedia di Bogor Fest tersebut diminati ribuan masyarakat, khususnya warga yang pada hari Senin hingga Jumat sibuk bekerja. Salah satunya adalah Sela, warga Kecamatan Cibinong. Ia mengatakan, hari ini mengurus Kartu Identitas Anak (KIA).

Alhamdulillah saya bisa mengurus KIA di Bogor Fest karena kalau hari biasa mengurus KIA di kantor dinas harus antri, tapi di sini kami senang pelayanannya lebih cepat selesai,” kata Sela.

Desi, warga lainnya dari Kecamatan Citeureup menuturkan, hari ini mengurus pemblokiran STNK ke layanan Samsat Kabupaten Bogor. Menurutnya, layanan di hari libur ini sangat membantu sekali.

“Kalau hari Senin sampai Jumat kebetulan saya harus kerja jadi tidak akan sempat, tapi dengan adanya layanan publik di Bogor Fest ini sangat membantu,” tuturnya.

Hasanudin warga Kecamatan Ciampea mengaku terbantu dalam mengurus akta kelahiran di layanan publik yang disediakan Pemerintah Kabupaten Bogor pada acara Bogor Fest 2023.

“Layanan publik di hari libur ini sangat membantu karena bisa melayani kami yang bekerja di hari-hari biasa, dan tidak sempat mengurus akta kelahiran. Semoga tahun depan ada lagi Bogor Fest karena memberikan manfaat untuk masyarakat,” kata Hasanudin.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Feriando menjelaskan, di acara Bogor Fest 2023 ini ada pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), yang dijadikan rekomendasi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, maupun pelayanan pendidikan.

“Misalnya masyarakat butuh SKTM untuk masuk sekolah atau ke rumah sakit. Kemudian juga layanan untuk pengecekan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang merupakan acuan dalam pemberian bantuan sosial,” jelasnya.

Direktur RSUD Ciawi, dr. Fusia Meidiawaty menerangkan, layanan yang diberikan adalah pengobatan laboratorium gratis, meliputi pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat. Kemudian kita juga melayani konsultasi dokter gigi umum dan dokter gigi anak.

“Ada juga konsultasi fisioterapi, konsultasi penanganan nyeri Bogor Pain Center. Kemudian konsultasi ahli gizi, lalu konsultasi kedokteran olahraga, dan yang lainnya. Tak hanya itu, kita juga menyediakan doorprize untuk pengunjung, memberikan goodie bag, serta hadiah-hadiah menarik,” jelasnya. (Diskominfo Kab. Bogor/Fauziah Ismi)

Editor: Fauziah

Berita Terkait