Sitampol Hadir Ciptakan Masyarakat Taat Pajak

Diterbitkan

Jumat, 21 Oktober 2022

Penulis

Diskominfo Kabupaten Bogor

|

Diskominfo Kabupaten Bogor

540 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. BOGOR - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bogor meluncurkan Program Sigap dan Tanggap Satuan Polisi Pamong Praja (Sitampol) untuk mengoptimalkan penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan Perkada Trantibum.

Sitampol diproyeksikan dapat meningkatkan pendapatan pajak daerah khususnya pajak reklame dan dapat menciptakan masyarakat sadar pajak, sehingga dapat mencegah kebocoran pajak, acara berlangsung di Auditorium Setda, Jumat (21/10/2022)

Aplikasi Sitampol dibangun untuk mengelola database pelanggaran Perda, Perkada, Trantibum dan pelanggaran pajak daerah serta didukung dengan Satgas Sitampol sehingga berbagai pelanggaran dapat lebih cepat ditangani dan ditertibkan sesuai aturan. 

Dalam aplikasi Sitampol ini menyediakan fitur untuk melihat kemajuan penyelesaian atau penanganan pelanggaran khususnya dalam hal pembayaran pajak yang terintegrasi dengan Sistem Pengaduan Satpol PP (Sipesat) yang sudah lebih dulu ada, sehingga dapat meningkatkan pembayaran pajak reklame dan meningkatkan penerimaan pajak daerah .

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan berharap, aplikasi Sitampol dapat digunakan dalam waktu dekat ini, untuk lebih optimal dalam penegakan Perda khususnya terkait pajak reklame di Kabupaten Bogor, khususnya di era teknologi digital atau 4.0 seperti saat ini. 

“Saya minta sistem ini bisa dilaksanakan di akhir tahun ini, nanti saya akan cek bagaimana cara kerjanya Sitampol ini. Terimakasih dan apresiasi atas inovasi yang dilakukan Kasatpol PP dan jajarannya, semoga Sitampol memberikan banyak manfaat bagi semua,” ujar Plt. Bupati Bogor.

Selanjutnya, Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor, Cecep Imam Nagarasid menuturkan Sitampol diluncurkan sebagai upaya dalam meningkatkan penegakan Perda dan Perkada yang berkaitan dengan sektor pajak, serta untuk meningkatkan pendapatan pajak daerah dan mengoptimalkan potensi pendapatan pajak reklame. Selain itu juga memaksimalkan peran dan fungsi Satpol PP Kabupaten Bogor.

Selain peluncuran aplikasi Sitampol, kami juga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Sitampol agar peran dan fungsi lebih optimal. (Diskominfo Kab. Bogor/Fauziah Ismi)

Editor: Fauziah Ismi

Berita Terkait