Luncurkan Dashboard Jabar untuk Publik, Uu Ruzhanul: Data Penting sebagai Sumber Informasi

Diterbitkan

Selasa, 22 November 2022

Penulis

Rilis Humas Jabar

|

Rilis Humas Jabar

76 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meluncurkan Dashboard Jabar untuk Publik di Grand Hotel Preanger, Kota Bandung, Sabtu (19/11/2022).

Dashboard Jabar untuk Publik menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat dan bisa diakses langsung oleh publik

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, data merupakan aset yang sangat penting dan dibutuhkan sebagai sumber informasi. Data memudahkan individu dalam pencarian dan membuat jaringan, yang bermuara pada kolaborasi dan inovasi.

“Tidak ada kekuatan tanpa kebersamaan, tapi tidak ada kebersamaan tanpa diawali dengan membangun jaringan. Membangun jaringan tidak akan ada tanpa diawali dengan memiliki data akurat,” cetus Uu Ruzhanul Ulum saat meluncurkan Dashboard Jabar untuk Publik di Grand Hotel Preanger, Kota Bandung, Sabtu (19/11/22).

Wagub Uu mengatakan, Pemdaprov Jabar saat ini sedang memperbarui data dalam berbagai bidang seperti kependudukan, perekonomian, dan kesehatan. Dengan harapan data terbaru tersebut dapat menjadi bahan Gubernur dan Wakil Gubernur dalam mengambil keputusan. Data akurat akan menghasilkan keputusan yang baik.

“Kalau kesalahan dalam mengambil keputusan karena data yang salah, maka keputusan tersebut tidak akan bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Wagub Jabar.

Wagub Uu berharap Dashboard Jabar untuk Publik menjadi inspirasi bagi pemda kabupaten/kota untuk memperbaiki dan memperbaharui data- data publik di daerah masing-masing.

"Bukan hanya kami yang membuat keputusan akurat karena sesuai data, tapi juga Pak Bupati dan Pak Wali Kota pun tidak salah dalam mengambil keputusan,” katanya.

Peluncuran Dashboard Jabar untuk Publik merupakan bagian dari rangkaian acara Jabar Data Visualization Festival (JDVF) yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah menjelaskan, JDVF dibidangi oleh Jabar Digital Service sebagai unit kerja Diskominfo.

Tema yang diusung adalah 'Think Globally Act Locally' yang bertujuan untuk meningkatkan literasi data masyarakat melalui visualisasi data dan storytelling dalam mendukung pengambilan keputusan yang lebih terukur.

“Serta lebih mudah dan tepat sasaran dalam mengakomodasi dan menggali minat. Sehingga bisa kompetitif secara global dengan berpindah secara lokal,” imbuhnya.

JDVF juga diisi berbagai kegiatan lain yang mampu menambah wawasan, pengetahuan dan pemanfaatan dari data tersebut.

"Diharapkan dari kegiatan ini dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat dan aparatur sipil negara tentang literasi data. Serta mengembangakan minat dan motivasi khususnya dalam bidang visualisasi data,” papar Ika.

Dalam Dashboard Jabar untuk Publik terdapat enam sektor yang dapat diakses masyarakat, di antaranya kesehatan, kependudukan, industri, pendidikan, COVID-19, dan imunisai anak nasional.

Editor: Admin

Berita Terkait