Pemdakab Garut Apresiasi Perkembangan Perguruan Tinggi

Diterbitkan

Sabtu, 2 Maret 2024

Penulis

Rilis Humas Pemdakab Garut

|

Rilis Humas Pemdakab Garut

183 kali

Berita ini dilihat

2 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT -   Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut apresiasi kontribusi perguruan tinggi dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Garut. Salah satunya adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arqam (STAIDA) Muhammadiyah Garut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Garut Didit Fajar Putradi menyatakan, kehadirannya dalam acara pelantikan Ketua STAIDA Muhammadiyah Garut merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah daerah terhadap peran perguruan tinggi dalam pembangunan SDM di Kabupaten Garut.

"Terpilihnya Pak Dr. Ujang Burhanudin Magister Ekonomi Syariah untuk masa jabatan 2024-2028 ini tentu juga kita sambut dengan baik dan kita dukung sepenuhnya," ungkap Didit saat diwawancarai usai Pelantikan Ketua STAIDA Muhammadiyah Garut di Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat (1/3/2024).

Selanjutnya, Didit menyatakan bahwa STAIDA dan pemerintah daerah dapat saling mendukung untuk membangun masyarakat Garut yang lebih baik di masa depan.

"Tentu saja ke depan kerja sama yang baik untuk mengatasi berbagai masalah yang masih ada di Kabupaten Garut sekalipun dengan capaian-capaian yang sudah baik seperti yang sekarang ini, akan tetap terus terjalin melalui implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dari STAIDA ini," lanjutnya.

Sementara itu, Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Budhi Akbar menjelaskan, pelantikan ini adalah bagian dari upaya memastikan perguruan tinggi Muhammadiyah dapat mengemban amanah dari pemerintah dan melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi.

"Untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi dan menjadi bagian dari amal usaha Muhammadiyah untuk melakukan pembinaan al-islam dan Kemuhammadiyahan, sebagai misi dakwahnya," ucapnya.

Budhi mengatakan, perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah di Indonesia saat ini sudah berjumlah sekitar 160-170 perguruan tinggi. Budhi berharap, STAIDA Muhammadiyah Garut dapat terus berkembang dan bahkan menjadi universitas di Kabupaten Garut, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pengembangan SDM.

"Jadi dengan meningkatkan status menjadi universitas. Diharapkan banyak SDM yang terserap untuk dibina, jadi kontribusi Muhammadiyah untuk mengembangkan sumber daya manusia menjadi lebih banyak lagi, lebih tinggi lagi," katanya.

Ketua STAIDA Muhammadiyah Garut Ujang Burhanudin menjelaskan, pentingnya dukungan dari seluruh unsur terlibat di STAIDA dan persyarikatan Muhammadiyah dalam mewujudkan transformasi perguruan tinggi tersebut. (Diskominfo Garut/Revo)

Editor: Revo

Berita Terkait