Kurangi Dampak Banjir, Pemdakab Bekasi Normalisasi Tiga Aliran Sungai

Diterbitkan

Jumat, 26 April 2024

Penulis

Diskominfo Kab. Bekasi

|

Diskominfo Kab. Bekasi

83 kali

Berita ini dilihat

1 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. BEKASI - Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan didampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (DSDABMBK) Henri Lincoln, langsung meninjau kondisi Sungai Rasmi yang telah dinormalisasi oleh Pemdakab Bekasi di Perumahan Puri Nirwana Residence Desa Sukaraya, Kecamatan Karangbahagia, pada Kamis ( 25/4/2024).

Adapun normalisasi yang telah dilakukan berada di tiga titik sungai sekaligus mulai dari Kalen Rasmi, Kali Ulu dan Kali Pisang Batu. 

Usai meninjau Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, target normalisasi yang dilakukan untuk mengurangi dampak banjir yang sering terjadi di komplek perumahan. Selain untuk mengurangi dampak banjir, upaya yang dilakukan juga bertujuan memperlancar debit air irigasi pesawahan untuk pertanian serta mengembalikan kondisi sungai seperti semula.

Pemdakab Bekasi akan melakukan normalisasi di beberapa sungai yang mengalami penyempitan dan pendangkalan. Sehingga setiap volume debit aliran sungai dapat berjalan lancar dan optimal.

“Ya, kami akan terus melakukan normalisasi hingga ke hulu-hulu sampai ruas sungai lainnya agar seluruh aliran dan tata kelola air di Kabupaten Bekasi bisa lebih baik lagi,” jelas Dani.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengatakan, terdapat empat aliran sungai yang menuju Kali Ciherang antara lain Kalen Rasmi, Kali Ulu, Kali Pisang Batu dan Kali Cilemahabang. 

Dari empat aliran tersebut, titik ketiga aliran sungai telah dilakukan normalisasi oleh Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi.

Adapun periode masa pelaksanaannya yakni selama 120 hari dihitung mulai tanggal 20 Maret hingga 17 Juli 2024.

“Dari ketiga sungai yang dilakukan normalisasi panjangnya kurang lebih 13 kilometer di antaranya Kalen Rasmi 3,5 kilometer, Kali Ulu 4,8 kilometer dan Kali Pisang Batu sepanjang 4,5 kilometer,” tuturnya. (Diskominfo Kab. Bekasi/Fauziah)

Editor: Fauzia Ismi

Berita Terkait