
Fasilitasi Merek
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa BaratMemberikan fasilitasi bagi Industri Kecil Menengah (IKM) agar produknya memiliki sertifikat merek melalui tahapan pendaftaran, kurasi, sosialisasi, verifikasi, hingga penerbitan sertifikat merek
Services are available offline
Media and Information


Hotline Contact
(022) 4230897
Call Now
Operational Hours (Wednesday, 19 March 2025)
Senin
07:30 - 16:00
Selasa
07:30 - 16:00
Rabu
07:30 - 16:00
Kamis
07:30 - 16:00
Jumat
07:30 - 16:00
Service Rates
Gratis
Official Website
Address
Jalan Asia Afrika No.146, Paledang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40261
Telephone
(022) 4230897
Manfaat Layanan untuk masyarakat
Memberikan perlindungan hukum atas keistimewaan yang dimiliki oleh suatu produk
Memiliki identitas produk
Memperoleh hak eksklusif
Fasilitas yang Tersedia
Kurator yang ahli di bidang kekayaan intelektual
Grup Whatsapp Calon Penerima Fasilitasi Sertifikat Merek
Sosialisasi Sertifikat Merek
Syarat dan Ketentuan Layanan
Nomor Induk Berusaha (NIB)
Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Label Merek
Tanda Tangan Pemohon
Surat Pernyataan Industri Kecil Menengah (IKM)
Alur atau Prosedur Penggunaan Layanan
Mendaftarkan Industri Kecil dan Menengah (IKM)
Mengikuti kurasi produk IKM
Mendapatkan informasi hasil kurasi
Mengikuti sosialisasi dan pemberkasan kelengkapan persyaratan
Mendapatkan resi pendaftaran merek
Mengikuti verifikasi
Mendapatkan persetujuan atau penolakan merek
Mendapatkan sertifikasi merek
Frequently Asked Question
Berapa lama masa berlaku merek yang telah didaftarkan?
Berdasarkan Pasal 35 ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, yaitu “Merek terdaftar mendapat perlindungan hukum untuk jangka waktu 10 (sepuluh) tahun sejak Tanggal Penerimaan.
Bagaimana cara mengecek merek?
Cara Mengecek Merek apakah sudah terdaftar atau belum adalah dengan melakukan pengecekan pada website DJKI (Pilih opsi Merek bukan Paten, Hak Cipta ataupun Desain Industri).
Apa saja fungsi merek bagi sebuah UMKM?
1. Pembeda dan pengenalan 2. Kualitas dan kepercayaan 3. Loyalitas pelanggan 4. Diferensiasi 5. Penghargaan dan nilai 6. Pemasaran lebih efisien 7. Ekspansi produk 8. Keunggulan bersaing 9. Aktiva perusahaan